Halaman

Minggu, 06 Januari 2013

RENUNGAN PEROKOK

Renungan Sebelum Menyalakan Rokok, Ingatlah…
Jakarta, KCM
Jika Anda seperti kebanyakan orang lain, yang mulai merokok ketika remaja agar terlihat lebih dewasa dan perkasa seperti bintang iklan Marlboro di papan reklame dan televisi, dan karena alasan bodoh itu pula Anda terus merokok sampai saat ini, maka Anda sungguh tampak lebih tua dan tidak sesehat teman-teman seusia yang tidak merokok atau yang berhasil berhenti merokok.
Lebih parah lagi, Anda hidup di negara yang pemerintahnya tidak peduli dengan kesehatan rakyat,boro - boro memperhatikan ancaman kesehatan bagi para perokok, kesehatan korban bencana banjir saja ti dak ditangani dengan baik. Tengoklah Brasil, yang pekan lalu menjadi negara kedua di dunia -setelah Kanada- yang melampirkan peringatan keras dalam kemasan rokok, untuk mengingat kan para perokok kehancuran organ-organ tu buh, akibat asap rokok, setiap saat sebelum mereka menyalakan rokok.
Gambar-gambar yang dipajang cukup mengerikan seperti kerusakan organ tubuh, pasangan yang muram di tempat tidur akibat gangguan seksual,  bayi yang lahir prematur dengan selang-selang di sekujur tubuh mungilnya.
Negara dengan 30 juta perokok ini juga membuat sejarah dengan melarang iklan rokok di televisi, surat kabar serta melarang rakyatnya merokok di tempat-tempat umum. Kampanye anti merokok ini didukung sepenuhnya oleh Menteri Kesehatan Jose Serra. Padahal, Brasil menjual 142 milyar rokok setahun dan menghasilkan pendapatan dari pajak 3,54 milyar dollar Amerika/tahun.
Jadi para perokok, karena tidak ada yang peduli dengan kesehatan Anda kecuali Anda sendiri, tahanlah keinginan Anda merokok. Setiap kali Anda merasakan dorongan untuk merokok tunggu lima menit sebelum menyalakannya, saran Don R. Powell, Ph.D Ketua American Institute for Preventi ve Medicine di Far mington Hills, Michigan, yang juga mantan perokok. 



Setelah beberapa hari, perpanjanglah penundaan itu hingga 10 menit. Beberapa hari kemudian, perpan jang penundaan itu hingga 15 menit, dan seterusnya . "Anda akan menemukan bahwa dorongan untuk merokok semakin lama akan menghilang semakin cepat," katanya.
Selama beberapa menit tersebut jangan dipakai melamun, coba pikirkan bahwa asap rokok yang akan Anda isap itu mengandung sekitar 4000 ba han kimia, termasuk macam-macam racun dalam takaran sangat kecil seperti arsenikum, formadehida, dan DDT. Pada tiap isapan, racun-racun ini masuk melalui paru-paru –yang menahan sekitar 90 persen senyawa-senyawa itu –kemudian meneruskannya keseluruh tubuh melalui pembuluh darah.

Jika Anda sungguh-sungguh memerlukan sebuah alasan saja untuk berhenti merokok, coba cermati enam hal berikut:
Penyakit jantung. Ketika Anda merokok, pembuluh darah Anda menyempit. Itu sama artinya dengan memberikan beban tambahan kepada jantung Anda. Tidak hanya itu, merokok sigaret juga memaksa jantung Anda berdenyut lebih kencang dan menaikkan tekanan darah Anda. Menurut American Heart Association, rokok secara langsung menyebabkan hampir seperlima kematian akibat penyakit jantung. 

Kanker paru-paru. Perokok mempunyai peluang sepuluh kali lebih banyak untuk menderita kanker paru-paru, dan sampai 30 persen dari semua kematian akibat kanker disebabkan oleh merokok. Amerika Cancer Society mempunyai taksiran bahwa 90 persen kanker paru, 75 persen kanker mulut, laring, dan esofagus, serta sekitar 50 persen kanker kandung kemih dan kanker pankreas dapat dicegah apabila yang bersangkutan mau berhenti merokok.

Gangguan Seksual. "Merokok sangat buruk bagi kemampuan seksual Anda," kata Roger Crenshaw M.D, seorang spesialis terapi seks yang membuat praktik swasta di La Jolla Californa.  Jadi bila Anda masih ingin jantan pada usia 40 tahun berhentilah merokok sekarang.

Mandul. Jika Anda merokok, peluang Anda untuk menjadi seorang ayah bisa terbang bersama asap rokok. Merokok tampaknya mempunyai kaitan dengan lamban dan rendahnya hitungan sperma, dan selain itu, penelitian menemukan bahwa keguguran meningkat 64 persen apabila kedua pa sangan merokok atau bahkan meskipun hanya sang laki-laki yang merokok.

Stroke. Penelitian menunjukkan bahwa penghentian kebiasaan merokok dapat mengurangi risiko stroke Anda sebanyak 33 persen. 

Keriput. Apabila Anda merokok tanpa sadar Anda mencoba menghindari asap yang membuat mata tera sa perih, dan dalam proses itu sambil se tengah memicingkan mata Anda mengerutkan kulit di sekitar mata. Dan rupanya kulit juga memilki "daya ingat" karena setiap kali proses yang sa ma berulang, kulit ta hu mana bagian yang harus dilipat. Tidak mengherankan bila lipatan itu makin lama makin dalam dan segera menjadi keriput.

Baiklah, Anda mungkin telah merokok selama bertahun-tahun dan sudah pernah mencoba berhenti tetapi belum berhasil. Akan tetapi banyak man tan perokok yang telah berhasil meninggalkannya hanya dengan dua kali, tiga kali atau bahkan enam kali mencoba. Kalau sudah begitu, mengapa Anda tetap bodoh dengan terus merokok? (Rtr/zrp)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar